Aplikasi penentuan awal bulan qomariyah dan prediksi gerhana dengan metode hisab

Penentuan awal bulan qomariyah dan gerhana merupakan  sistem penanggalan umat Islam yang memegang peranan penting dalam pelaksanaan ibadah tertentu. Maka penting pula untuk mengetahui salah satu sistem penentuan awal bulan qomariyah dan prediksi gerhana diantaranya adalah sistem hisab Fath Al-Rauf Al-Mannan. Sistem hisab ini mempergunakan data-data tertentu seperti tabel tahun, tabel bulan dan lain sebagainya, serta mempergunakan rumus-rumus matematis.

Untuk mengungkapkan bagaimana kenyataan aplikasi sistem informasi dalam penentuan awal bulan qomariyah dan prediksi terjadinya gerhana peneliti akan mengelola data-data yang tertera dalam Fath Al-Rauf Al-Mannan menjadi informasi yang mudah di akses karena berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Dari analisis tersebut memperlihatkan alur program sistem informasi menghasilkan nilai akhir yang dapat ditarik menjadi suatu kesimpulan penentuan awal bulan Qomariyah dengan kriteria waktu ijtima’(bulan mati),tinggi hilal serta besar hilal dan prediksi gerhana dengan fase awal waktu gerhana serta berakhirnya gerhana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s