Sistem Rekomendasi

Sistem rekomendasi merupakan sarana untuk mendukung user mencari/menemukan dan memilih produk, layanan atau informasi pada domain tertentu. Hal tersebut dibutuhkan, saat user memiliki pengetahuan yang terbatas ataupun bisa juga karena terlalu banyak “items” yang harus dibandingkan.

Menurut Francesco  Ricci (2008) , teknik untuk mendapatkan  rekomendasi ada 4 (empat) , yaitu :

1. Collaborative

2. Content based

3. Demographic

4. Utility based

5. Knowledge based

Contoh situs web yang tergolong sistem rekomendasi :

Amazon.com, mengacu pada history pembelian di masa lampau dan merekomendasikan produk dengan behaviour pembelian yang mirip.

Tripadvisor.com,mengutip review produk dari suatu komunitas pengguna

Myproductadvisor.com,

Yahoo.com,

iTuneGenius,

Smarter Kids

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s