Pengembangan computer based test pada tes potensi akademik menggunakan skala pengukuran model item response theory (IRT)

Tes potensi akademik merupakan salah satu dari sekian jenis tes yang digunakan untuk mengukur dan memberi penilaian beberapa hal terkait dengan kemampuan dan potensi akademik sesorang dan sejauh ini penggunaannya sudah semakin luas. Misalnya sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan kapasitas dan kapabelitas seseorang yang biasanya disyaratkan dalam kategori tertentu seperti penerimaan siswa atau mahasiswa baru, penerimaan karyawan, seleksi pegawai negeri hingga pengukur kecendrungan pola pikir dan kemampuan intelektual anggota dewan. Bahkan akhir-akhir ini, tes potensi akademik menjadi bagian dari syarat kenaikan jabatan atau posisi-posisi tertentu pada perusahaan dan mulai merambah kearea tes kelayakan (proper test) untuk tugas-tugas tertentu.
Pemanfaatan teknologi informasi yang digunakan pada tes potensi akademik berupa tes berbasis komputer (Computer-based Test/ CBT) diharapkan mampu menjawab kebutuhan atas penggunaan tes potensi akademik sehingga pengguna dapat melakukan latihan atau menjadikan tes potensi akademik berbasis komputer sebagai media belajar dan bahkan digunakan untuk melakukan pengujian kemampuan bagi tujuan tertentu oleh lembaga, organisasi yang membutuhkan. Tes potensi akademik berbasis komputer ini menggunakan aplikasi berbasis web dengan konsep Learning Content Management System (LCMS/ CMS) yaitu MOODLE sehingga baik pengelola maupun pengguna dapat dengan mudah menggunkan aplikasi open source ini.
Berdasarkan hasil pengujian dan evaluasi dari penggunaan tes potensi akademik berbasis komputer ini menunjukkan bahwa perangkat lunak berbasis web ini dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna dan pengelola. Selanjutnya penerapan tes potensi akademik berbasis komputer ini memiliki fungsi fleksibel berupa pemanfaatan sebagai media latihan maupun mengukur kemampuan pengguna dalam menjawab pertanyaan pada tes potensi akademik.

Adam Joyo Pranoto, Universitas Muhammadiyah Gresik

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s