Optimasi query

Teknik optimasi dapat dilakukan dengan beberapa cara. Terdapat dua pendekatan optimasi yang umum dipergunakan sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Chanowich (2001), yakni:
a. Heuristik atau rule-based
Teknik ini mengaplikasikan aturan heuristik untuk mempercepat proses query. Optimasi jenis ini mentransformasikan query dengan sejumlah aturan yang akan meningkatkan kinerja eksekusi, yakni:

  • melakukan operasi selection di awal untuk mereduksi jumlah baris, melakukan operasi projection di awal untuk mengurangi jumlah atribut, mengkonversikan query dengan banyak join menjadi query dengan banyak subquery, dan
  • melakukan operasi selection dan join yang paling kecil keluarannya sebelum operasi yang lain.

b. Cost-based

Teknik ini mengestimasikan cost yang dipergunakan dari beberapa alternatif untuk kemudian dipilih salah satu yang memiliki cost terendah. Teknik ini mengoptimalkan urutan join terbaik yang dimungkinkan pada relasi-relasi r1 r2 . . . rn. Teknik ini dipergunakan untuk mendapatkan pohon left-deep join yang akan menghasilkan sebuah relasi sebenarnya pada node sebelah kanan yang bukan hasil dari sebuah intermediate join .

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s