Sistem Informasi Penggajian

A. ANALISIS KINERJA
adalah kemampuan menyelesaikan tugas bisnis dengan cepat sehingga sasaran segera tercapai. Kinerja diukur dengan jumlah produksi dan waktu tanggap dari suatu sistem. Sistem yang dikembangkan ini akan menyediakan jumlah produksi dan waktu tanggap yang memadai untuk kebutuhan manajemen pada perusahaan plastik ini.

Kelemahan :
1. Keterlambatan pemberian informasi mengenai jumlah anak yang bertambah membuat bendahara gaji harus melakukan perhitungan ulang gaji dengan menambahkan jumlah tunjangan anak. Hal tersebut akan memperlambat kinerja proses.
2. Adanya kenaikan pangkat pegawai yang menyebabkan bendahara gaji harus meminta kekurangan gaji atau rapel pada bulan berikutnya, sehingga akan semakin memperpanjang waktu tanggap.

B. ANALISIS INFORMASI
Laporan-laporan yang sudah selesai diproses digunakan untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen didalam pengambilan keputusan.
Informasi merupakan hal yang penting, karena dengan informasi pihak manajemen akan merencanakan langkah selanjutnya.

Kelemahan :
Tidak adanya slip gaji pegawai membuat pegawai tidak mengetahui informasi perincian gaji yang diterima secara keseluruhan.

C. ANALISIS EKONOMI
adalah penilaian sistem atas pengulangan dan keuntungan yang akan didapatkan dari sistem yang dikembangkan. Sistem ini akan memberikan penghematan operasional dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Penghematan didapat melalui pengurangan bahan baku dan perawatan. Sementara keuntungan didapat dari pengingkatan nilai informasi dan keputusan yang dihasilkan.

Kelemahan :
Apabila bendahara gaji ingin mendapatkan aplikasi sistem penggajian yang lebih baik dan mudah penggunaannya maka harus membeli perangkat lunak untuk aplikasi tersebut dengan harga yang mahal.

D. ANALISIS KEAMANAN
Sistem keamanan yang digunakan harus dapat mengamankan data dari kerusakan, misalnya dengan membuat back up data. Selain itu, sistem keamanan juga harus dapat mengamankan data dari akses yang tidak diijinkan , biasanya dengan memberi password pada form aplikasi dan database.

Kelemahan :
Keamanan aplikasi sistem penggajian belum begitu diperhatikan sehingga dapat dilihat oleh pihak lain.

E. ANALISIS EFISIENSI
Berhubungan dengan sumber daya yang ada guna meminimalkan pemborosan. Efisiensi dari sistem yang dikembangkan adalah pemakainan secara maksimal atas sumber daya yang tersedia yang meliputi manusia, informasi, waktu, uang, peralatan, ruang dan keterlambatan pengolahan data.

Kelemahan :
Apabila bendahara gaji yang mengurusi sistem penggajian berhalangan hadir saat penggajian dilaksanakan, proses penggajian akan terhambat karena tidak ada pengganti yang mengurusi sistem penggajian tersebut.

F. ANALISIS LAYANAN
Perkembangan organisasi dipicu peningkatan pelayanan yang lebih baik. Peningkatan pelayanan terhadap sistem yang dikembangkan akan memberikan :
1. Akurasi dalam pengolahan data
2. Kehandalan terhadap konsistensi dalam pengolahan input dan outputnya serta kehandalannya dalam menangani pengecualian.
3. Kemampuan menangani masalah yang diluar kondisi normal.
4. Sistem mudah pakai
5. Mampu mengkoordinasikan aktivitas untuk mencapai tujuan dan sasaran.

Kelemahan :
Proses penyerahan gaji masih menggunakan sistem manual (tidak melalui rekening bank, tetapi diserahkan langsung kepada pegawai) sehingga memungkinkan antrian dalam penerimaan gaji.

G. HASIL ANALISIS KELEMAHAN SISTEM LAMA

Sistem penggajian yang masih bersifat manual, yaitu dengan pencatatan langsung secara fungsinya akan berjalan lama, dimana sistem manual masih mengandalkan pada pelaksana pencatatan yang lebih mengutamakan pengamatan yang tepat. Atau dapat dikatakan pula sistem pencatatan manual ini lebih mengedepankan suatu subyek manusia sebagai tumpuan utama dalam proses pelaksanaannya. Dengan demikian, apabila manusia sebagai pelaksana mengalami kesalahan dalam satu titik saja maka akan berakibat buruk dan menimbulkan ketidakefektifan dalam pelaksanaan kerja.

Beberapa kesalahan dalam perhitungan manual akan menuntut para pelaku dan pelaksana keuangan untuk mengecek dengan teliti bahkan mereka harus mengecek ulang hasil keuangan mereka. Hal ini dapat mengakibatkan kemunduran dalam hal penggajian karyawan.. Dengan adanya kemunduran jadwal penggajian maka para pekerja akan menurun kinerjanya.

Melihat masalah diatas tentunya diperlukan suatu solusi yang tepat yang dapat membantu bagi para pelaksana, khususnya pihak bagian keuangan yang lebih efektif dan efisien. Dalam hal ini diberikan gambaran dengan adanya suatu sistem teknologi yang berbasis komputer yang dapat memberikan solusi dalam mengatasi masalah ini. Diharapkan dengan teknologi berbasis komputer , seorang pelaku keuangan lebih terbantu, dimana pelaku menjadi administrator yang bertugas menginputkan data dan komputer yang memproses dan mengeluarkan hasilnya, sehingga proses pelaksanaan dapat mengurangi proses perhitungan yang cukup lama.
Berikut ini ditampilkan dalam bentuk tabel perbandingan sistem lama dan usulan sistem baru :

Tabel 1. Perbandingan sistem lama dan usulan sistem baru
Jenis Analisis Kelemahan Sistem Lama Sistem yang diajukan
Kinerja Sistem penggajian secara manual berpotensi menimbulkan kesalahan dalam pemrosesan data, selain itu, pemrosesan data akan memakan banyak waktu Sistem berbasis komputer, yaitu menggunakan perangkat lunak untuk proses penghitungan gaji secara otomatis
Informasi Sistem penggajian manual menyebabkan proses informasi berlangsung lama Teknologi berbasis komputer maka proses informasi akan berlangsung cepat
Ekonomi Dalam jangka panjang biaya yang dibutuhkan akan cukup besar karena harus mengeluarkan biaya untuk menggaji karyawan bagian keuangan Dalam jangka pendek, biaya yang dibutuhkan akan cukup besar. Tetapi untuk jangka panjang lebih sedikit karena hanya mengeluarkan biaya perawatan komputer
Keamanan Sistem penggajian secara manual oleh manusisa akan sulit melakukan keamanan pemrosesan dan penyimpanan data. Dibutuhkan property atau manusia untuk menjaganya Sistem berbasis komputer akan memudahkan kontrol sehingga keamanan data dapat ditingkatkan
Efisiensi Sistem penggajian secara manual kurang efisien karena perlu melakukan dokumentasi secara manual Sistem berbasis komputer lebih efisien karena dokumentasi akan dilakukan secara otomatis
Layanan Pelayanan pada karyawan akan memakan banyak waktu karena harus menunggu pemrosesan data Pelayanan pada karywan akan lebih cepat karena pemrosesan dan pengecekan data dilakukan dengan komputer

REFERENSI

[1] Hanif Al Fatta, 2007, Analisis & Perancangan Sistem Informasi, ANDI, Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s