Telaah Jurnal : ANALISIS PERILAKU DAN KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGINAP PADA HOTEL DI SAUDI ARABIA

ABSTRAK

Apa yang telah diteliti, mengapa diteliti,

Paper ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk mengambil keputusan menginap di Hotel  di kota Jeddah Arab Saudi.

Diteliti untuk memberikan gambaran kepada top management hotel, guna menerapkan strategi di masa mendatang

 

Dengan metode apa diteliti,

Metode yang digunakan adalah kuesioner terhadap 184 orang yang sering menginap di hotel selama 3 tahun terakhir. Terdapat 9 pertanyaan kuesioner. Konsep analisis markov digunakan untuk menganalisis hasil kuesioner.

 

Apa hasil penelitian,

Hasil penelitian adalah peramalan tentang prosentase tingkat hunian di hotel selama periode tertentu di Jeddah, Arab Saudi

 

Apa saran yang perlu dilakukan selanjutnya

Penelitian selanjutnya adalah menerapkan hasil penelitian ini di setiap daerah(region) di Arab Saudi serta menggunakan konsep Total Productivity Gainsharing (TPG) dalam analisis Total Productivity Management guna memenuhi keinginan konsumen

I. PENDAHULUAN

Latar belakang masalah

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat hunian hotel di Jeddah dengan tren naik sebagai akibat dari jumlah wisatawan yang berkunjung di kota ini terbilang cukup tinggi.  Penyedia layanan perhotelan harus menyiapkan strategi terbaik untuk menarik konsumen.  Dua hal yang harus senantiasa diperhatikan adalah (1) pesaing sejenis dan (2) kebutuhan customer. Untuk hal pertama , penyedia layanan perhotelan harus memahami kekuatan & kelemahan bisnis mereka , jika dibandingkan dengan pesaing sejenis. Kedua,  terjadinya perbedaan asumsi antara penyedia layanan perhotelan dan kebutuhan konsumen menjadi salah satu kendala utama bisnis perhotelan.

Jika dirumuskan secara sederhana, masalah dalam penelitian ini adalah “ bagaimana perilaku konsumen di kota Jeddah yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan untuk menginap di salah satu hotel”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan prosentase menginap di Hotel selama periode tertentu, yang pada akhirnya dapat membantu kalangan bisnis perhotelan untuk menerapkan strategi terbaik di masa mendatang.

 

Tinjauan Pustaka berisi penelitian orang lain yang pernah dilakukan dan menjadi dasar dari penelitian pada jurnal ini.

 

Beberapa penelitian sebelumnya, yaitu :

 

[2] Baker, M., and Riley, M. (1994). New perspectives on productivity in hotels: some advances and new directions. International journal of hospitality management, 13, 297-311.

[3] Brown, J., and Dev, C. (2000). Improving productivity in a service business: evidence from the hotel industry. Journal of service research, 2, 339-54.

[4] Alamoudi, R. (2009). Resource Use, Waste, and Total Productivity Management in Saudi Arabia Hotel Industry. International Journal of Basic and Applied Science, 9(10), 43-54.

 

Telah mengemukakan konsep produktivitas di bisnis perhotelan, namun belum membandingkan antara perilaku konsumen dengan keputusan untuk menginap.

 

II. THEORY

 

Kaidah –kaidah ilmu pengetahuan yang melandasi jurnal tersebut

Analisis Markov

Analisis Markov adalah suatu teknik probabilitas yang menganalisis pergerakan probabilitas dari satu kondisi ke kondisi lainnya. Dikenalkan oleh Andrey A. Markov, ahli matematika dari Rusia yang lahir tahun 1856. Analisis Markov hampir sama dengan decision analysis, bedanya adalah analisa rantai Markov tidak memberikan keputusan rekomendasi, melainkan hanya informasi probabilitas mengenai situasi keputusan yang dapat membantu pengambil keputusan mengambil keputusan. Dengan demikian, analisa rantai Markov bukanlah teknik optimisasi, tetapi adalah teknik deskriptif yang menghasilkan informasi probabilitas dimasa mendatang.

 

III. METODE

 

Bagaimana penelitian dilakukan

 

Penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1.      Survey dengan kuesioner.

2.      Mendefinisikan vector of state probabilities dari keempat hotel

3.      Mendefinisikan Transition of probabilities.

4.      Prediksi pasar di masa mendatang melalui long period probability

 

IV. HASIL & PEMBAHASAN

 

Hasilnya apa

Hasilnya ádalah peramalan prosentase jumlah orang menginap di tiap-tiap hotel bintang lima di Jeddah (Hilton, Weston, Sheraton) untuk periode lama (long period).

 

Pembahasannya bagaimana

Penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1.      Survey . Survey didapat dari 184 orang, yang menginap di hotel pada kurun waktu 3 tahun terakhir.  Survey berbentuk isian kuesioner yang terdiri dari 9 pertanyaan. Dalam kuesioner terdapat 4 hotel, yaitu Hilton, Weston, Sheraton dan hotel lain.

 

HASIL KUESIONER

 

a.      Hotel yang biasa dikunjungi  :

45.1 % Hilton , 8.7 % Sheraton, 30.2 % Weston, 16% lainnya.

 

b.      Hotel yang memberikan promosi :

51.1 % Hilton, 20.7% hotel lain, 8.2 % Sheraton.

 

c.       Berapa kali dalam setahun pergi ke hotel :

31.5 % pergi 2 kali setahun , 19.6 % pergilebih dari  4 kali setahun, 19% pergi 3 kali setahun, 15.8 % sekali, 14.1 % pergi 4 kali

 

d.      Alasan pergi ke hotel :

28.8% pelayanan, 26,1% tawaran yang bervariasi, 21.7 % harga murah di musim tertentu, 12% karena promosi, 11.4 % kebersihan

 

e.      Apakah pindah dari satu hotel ke hotel lain :

52,2 % pindah, 47.8 % tidak, jika tidak langsung ke pertanyaan 8

 

f.        Ke hotel mana akan pindah :

36.5 % Hilton, 25% weston, 19.8 % sheraton, 18.8% ke hotel lainnya

 

g.      Alasan pindah hotel :

26% pindah krn harga murah di musim ttt. , 25% karena layanan , 25% tawaran yang beragam, 20,8% karena promosi, 3.1% kebersihan

 

h.      apakah senang dengan layanan konsumen(customer service) :

87% puas dengan layanan customer, 13% tidak puas

 

i.        penilaian terhadap layanan konsumen:

46.2 % menilai Sheraton biasa (average), 32.1 % menilai Sheraton sangat bagus, 14.7 % menilai Sheraton excellent, 7.1% tidak memuaskan. 38% menilai Weston sangat bagus,  30.4% menilai Weston excellent, 28.8% menilai Weston biasa, 2.7% tidak memuaskan. 41.8% menilai Hilton sangat bagus, 32.6% excellent, 21.7% biasa, 3.8% tidak memuaskan.

 

2.      Mendefinisikan vector of state probabilities dari keempat hotel. Dari hasil survey 184 orang, bahwa 83 orang memilih menginap di Hilton, 67 orang memilih menginap di Weston, 16 orang memilih di Sheraton dan 18 orang memilih di hotel lain. Didapatkan probabilitas menginap sebagai berikut :

State 1 : Hilton = 83/184 = 0.45 = 45.11%

State 2 : Weston = 67/184 = 0.36 = 36.41%

State 3 : Sheraton = 16/184 = 0.09 = 8.70%

State 4 : Hotel lain = 18/184 = 0.10 = 9.78%

 

Probabilitas diatas dapat ditulis menjadi vector of state probabilities, yaitu :

 

π (0) = (0.45, 0.36, 0.09, 0.1)

 

Dimana :

 

π (0) = vector of state probabilities untuk keempat hotel pada periode 0

π 1 = probabilitas orang menginap di Hilton, state 1

π 2 = probabilitas orang menginap di Weston, state 2

π 3 = probabilitas orang menginap di Sheraton, state 3

π 4 = probabilitas orang menginap di Hotel lain, state 4

 

3.      Mendefinisikan Transition of probabilities. Transition of probabilities didapatkan dengan urutan pengerjaan sebagai berikut :

Dari hasil survey didapatkan konsumen yang tetap menginap di hotel tertentu dan konsumen yang berpindah ke hotel lain (Tabel 1).

 

Tabel 1. Jumlah konsumen di tiap hotel dan perpindahannya ke hotel lain

From\ To Hilton Weston Sheraton Lainnya Total
Hilton 42 18 14 9 83
Weston 25 32 4 6 67
Sheraton 5 3 5 3 16
Lainnya 5 3 1 9 18
Total 184

 

Transitional probabilities didapatkan dari tiap sel dibagi total dari masing-masing baris, selanjutnya disebut matriks transitional  probabilities :

 

P =

 

Keterangan tabel :

 

Hilton menunjukkan states 1, Weston menunjukkan state 2, Sheraton menunjukkan state 3 dan hotel lain menunjukkan state 4. Probabilitas dapat ditunjukkan dengan beragam states :

Baris 1

0.51 = P11 = probabilitas pada state 1 setelah pada state 1 periode awal

0.22 = P12 = probabilitas pada state 2 setelah pada state 1 periode awal

0.17 = P13 = probabilitas pada state 3 setelah pada state 1 periode awal

0.11 = P14 = probabilitas pada state 4 setelah pada state 1 periode awal

Baris 2

0.37 = P21 = probabilitas pada state 1 setelah pada state 2 periode awal

0.48 = P22 = probabilitas pada state 2 setelah pada state 2 periode awal

0.06 = P23 = probabilitas pada state 3 setelah pada state 2 periode awal

0.09 = P24 = probabilitas pada state 4 setelah pada state 2 periode awal

 

Baris 3

0.31 = P31 = probabilitas pada state 1 setelah pada state 3 periode awal

0.19 = P32 = probabilitas pada state 2 setelah pada state 3 periode awal

0.31 = P33 = probabilitas pada state 3 setelah pada state 3 periode awal

0.19 = P34 = probabilitas pada state 4 setelah pada state 3 periode awal

Baris 4

0.28 = P41 = probabilitas pada state 1 setelah pada state 4 periode awal

0.17 = P42 = probabilitas pada state 2 setelah pada state 4 periode awal

0.06 = P43 = probabilitas pada state 3 setelah pada state 4 periode awal

0.50 = P44 = probabilitas pada state 4 setelah pada state 4 periode awal

 

 

Gambar 1. Tree diagram 4 hotel dengan π (1)

4.      Prediksi pasar di masa mendatang

 

Menghitung probabilitas menginap di hotel dengan periode n :

 

π (n+1) = π (n) P (1)                                                                                                    (1)

 

π (1) = π (0) P

π (1) =

 

π (1) =

 

π (2) = π (1) P

 

π (2) =

 

π (2) =

 

π (3) = π (2) P

 

π (3) =

 

π (3) =

 

π (4) = π (3) P

 

π (4) =

 

π (4) =

 

π (5) = π (4) P

 

π (5) =

 

π (5) =

 

Hasil perhitungan untuk periode yang lama (long period) setiap hotel, ádalah sebagai berikut :

 

π  = π P                                                                                                                        (2)

 

(π1, π2, π3, π4) =  (π1, π2, π3, π4) x

 

Gunakan perkalian matriks:

 

(π1, π2, π3, π4) =

[(π1) (0.5100) + (π2) (0.3700) + (π3) (0.3100) + (π4) (0.2800), (π1) (0.2200) + (π2) (0.4800) + (π3) (0.1900) + (π4) (0.1700), (π1) (0.1700) + (π2) (0.0600) + (π3) (0.3100) + (π4) (0.0600), (π1) (0.1100) + (π2) (0.0900) + (π3) (0.1900) + (π4) (0.5000)]

 

• π1 = 0.5100 π1 + 0.3700 π2 +0.3100 π3 + 0.2800 π4                                             (3)

• π2 = 0.2200 π1 + 0.4800 π2 +0.1900 π3 + 0.1700 π4                                             (4)

• π3 = 0.1700 π1 + 0.0600 π2 +0.3100 π3 + 0.0600 π4                                             (5)

• π4 = 0.1100 π1 + 0.0900 π2 +01900 π3 + 0.5000 π4                                              (6)

 

Tambahkan hasilnya :

• π1 + π2 + π3 + π4                                                                                                                                          (7)

 

Sehingga didapatkan :

(π1, π2, π3, π4) = (0.402, 0.28, 0.139, 0.18)

 

Untuk hasil dengan periode lama, tanpa memperhatikan hotel lain, didapatkan :

Hilton 48.96% , Weston 34.10% dan Sheraton 16.93%

 

V. KESIMPULAN

 

Tujuannya telah tercapai atau tidak

 

Tujuan untuk mendapatkan perilaku dan keputusan konsumen menginap di hotel bintang 5 di Jeddah telah didapatkan, dengan peramalan konsep analisis Markov selama long period, yaitu Hilton 48.96% , Weston 34.10% dan Sheraton 16.93%

 

Hasil ini merekomendasikan apa thd latar belakang

 

Dari hasil penelitian, peramalan  selama periode yang lama (long period) merekomendasikan hotel Hilton paling sering dikunjungi dibandingkan hotel bintang lima lainnya di Jeddah. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk menginap diantaranya pelayanan, penawaran yang beragam, kebersihan dan harga.

Perilaku konsumen dan pesaing bisnis sejenis menjadi hal yang mutlak untuk dipahami oleh kalangan pebisnis perhotelan, guna menentukan strategi bisnis  sehingga dapat bersaing di masa mendatang.

 

About these ads

2 comments on “Telaah Jurnal : ANALISIS PERILAKU DAN KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGINAP PADA HOTEL DI SAUDI ARABIA

  1. Trimakasih atas sample ..kita sedang belajar menelaah jurnal2..kalo ada alamat jurnal manajemen keuangan yg free?

  2. terima kasih atas jurnal yang disajikan…kami juga sedang mencari jurnal untuk diteliti dan dipelajari..ijin untuk mengunduh gan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s