Query Database melalui Web Service dan J2ME

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknologi informasi saat ini begitu pesat, salah satu diantaranya adalah Database Server. Bagi seorang Administrator Database, mengelola sebuah Database Server merupakan suatu hal yang penting. Di dalam lingkup Database yang menjadi tanggung jawabnya ia berhak melakukan QUERY pada sebuah Database Server. Namun pada di sisi lain seorang Administrator memiliki mobilitas yang tinggi, tugas atau kewajiban lainnya berbenturan dengan kewajiban-kewajiban lain. Sehingga diperlukan sebuah Mobile Application dan terhubung dengan internet yang digunakan untuk keperluan administrasi sebuah Database Server.

Oleh karena itu dibuat sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh seorang admin Database Server untuk dapat melakukan QUERY menggunakan ponsel melalui internet. Dengan dibuatnya Aplikasi tersebut Administrator Database Server tidak harus mendatangi komputer server tujuan, tetapi cukup menjalankan fasilitas yang disediakan dalam Aplikasi tersebut .

Pengembangan aplikasi yang mengadopsi arsitektur client/server ini, melibatkan pengembangan aplikasi untuk sisi Server dan client. Aplikasi sisi client berjalan pada sebuah ponsel yang menggunakan teknologi Java 2 Micro Edition (J2ME) sebagai platform perangkat lunaknya. Teknologi tersebut telah memungkinkan pengembangan aplikasi pada ponsel dengan mudah dan cepat serta mampu menghasilkan aplikasi yang user friendly dan powerfull. Aplikasi di sisi server berjalan pada sebuah komputer desktop, yang berisi methode-methode untuk mengakses ke sebuah Database Server dalam hal ini MySQL. Aplikasi ini diletakkan pada sebuah web server seperti Apache Tomcat, dan dengan bantuan WEB SERVICE methode-methode ini dapat diakses oleh client, sehingga client dapat melakukan QUERY dari manapun dan kapanpun tanpa terbatas oleh ruang dan waktu selama ia terhubung dengan internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s