Aplikasi Web Semantic berbasis Ontology untuk Informasi Pariwisata

Pariwisata merupakan sektor yang memiliki potensi besar dalam menghasilkan pendapatan negara apabila dikembangkan secara optimal. Oleh karena itu, berbagai aspek dalam bisnis kepariwisataan telah dikembangkan oleh pemerintah maupun para pelaku kepariwisataan guna meningkatkan pendapatan pada sektor ini. Namun persoalan yang ada saat ini adalah pengoptimalan pemanfaatan teknologi internet dalam aplikasi kepariwisataan Indonesia belum di jalankan secara optimal.

Internet telah memfasilitasi tersedianya berbagai web khususnya yang berkaitan dengan jasa panduan pariwisata, sehingga pelanggan mendapat layanan yang lengkap. Layanan yang tersedia antara lain adalah informasi mengenai hotel, sewa kendaraan, penerbangan, dan berbagai media transportasi yang lain. Travelocity dan Expedia, merupakan dua contoh layanan web yang terkenal dikalangan para wisatawan dan dunia pariwisata.

Di sisi lain, di internet telah banyak tersedia data yang berkaitan dengan pariwisata, namun terpisah-pisah dan tersebar. Kondisi ini memungkinkan adanya upaya untuk memanfaatkan data yang terpisah dan tersebar tersebut untuk memperkaya pilihan tujuan wisata dan menyediakan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.  Salah satu masalah terbesar dalam pengelolaan informasi adalah bagaimana menemukan sesuatu yang dibutuhkan oleh pengguna.

Web semantic dapat menjadi jawaban masalah pengelolaan informasi pada internet. Web semantic menyatakan informasi sebagai ontology, dengan menambahkan informasi arti semantik pada suatu data sehingga mesin dapat mengetahui arti data yang sebenarnya. Untuk itu dibuatlah aplikasi web semantic berbasis ontology untuk mengelola data pariwisata. Rancangan sistem meliputi berbagai aspek seperti penjadwalan, transportasi, akomodasi dan beragam lokasi wisata.

2 comments on “Aplikasi Web Semantic berbasis Ontology untuk Informasi Pariwisata

  1. Saya mau tanya apakah aplikasi ontology ini bisa diaplikasikan pada desktop (tidak berbasis web), sbg contoh jena kita gunakan sbg framework, gui menggunakan swing. terima kasih

    • keliatannya bisa (maaf belum coba). pengalaman , kalau pakai software protege sih bisa. protege pake framework JAVA eclipse. bisa buat grafik ontologynya sekaligus query thd ontologi yang tlah dibuat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s