Semantic Web

World wide web (www) pertama kali dibuat pada tahun 1989  oleh European Laboratory for Particle Physics (CERN) di Jenewa, Swiss.  Adalah seorang Tim Berners Lee yang mengembangkan prototipe pertama dari world wide web  dengan tujuan  menyediakan sistem informasi bagi para fisikawan.

Pada akhir tahun 1990, Tim Berners Lee telah menemukan web browser dan web server. Web page yang ada pada satu komputer dapat diakses komputer yang lain. Pengembangan sistem dilakukan oleh beberapa kelompok penelitian yang tersebar di dunia. WWW berisi dokumen  dan keterkaitan (links) antar dokumen.

Web browser dan web server mengalami perkembangan. Keduanya semakin atraktif sebagai infrastruktur untuk berbagi informasi.  Web menjadi semakin menarik sebagai penyimpan informasi yang sangat besar. Web diakses dengan URL ( Uniform Resource Locator) melalui HTTP (Hypertext Transfer protocol) dengan menggunakan web prowser ( misalnya : Internet Explorer, Netscape, Mozilla, Safari)

Saat ini, www terdiri atas dokumen yang dibuat dalam format HTML (Hyoertext markup language) , sebuah bahasa pemrograman web yang dibuat untuk tampilan secara visual. HTML merupakan kumpulan simbol “markup” di halaman web yang bertujuan sebagai display di web browser. Setiap informasi didesain untuk manusia. Manusia dapat membaca dan mengerti web, namun tidak paham bagaimana data diinterpretasikan oleh komputer.

Informasi dalam web tidak hanya ditujukan untuk display semata, namun juga untuk mengatasi permasalahan interoperabilitas dan integrasi antara sistem dan aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s