Data Tidak Terstruktur, SemiTerstruktur dan Terstruktur

Data dapat dibagi menjadi 3 (tiga) kategori yaitu data tidak terstruktur, data semiterstruktur dan data terstruktur. Data tidak terstruktur berisi  obyek atau  dokumen baik ukuran maupun tipenya bebas. Berbeda dengan data terstruktur yang ada di databse, setiap elemen data harus mengacu pada format yang telah ditetapkan.

Data tidak terstruktur

Data tidak terstruktur biasanya ada pada  teks, file, video, email, laporan (report), presentasi power point, pesan suara (voice mail), memo, dan citra. Data dapat berbentuk dalam tipe apapun tanpa perlu mengikuti format, aturan atau alur tertentu. Sebagai contoh data yang ditampilkan pada halaman web termasuk data tidak testruktur dan tidak beraturan.

Data Semiterstruktur

Data semiterstruktur adalah data yang memiliki struktur namun belum sepenuhnya terstruktur. Tipe data ini berisi komponen tidak terstruktur yang tersusun pada data terstruktur.

Data semiterstruktur diatur dalam bentuk entitas. Entitas yang sama dijadikan satu kelompok , namun dapat berbeda atributnya. Contoh dari data semitruktur adalah daftar riwayat hidup (CV).  Individu pertama dapat memiliki pengalaman kerja , berbeda dengan individu kedua yang memiliki pengalaman dalam melakukan penelitian dan berbeda pula dengan orang ketiga yang memiliki pengalaman dalam hal pengajaran. Sering dijumpai pula perbedaan dalam penulisan CV lebih dari satu macam.

Standar yang biasa digunakan pada data semiterstruktur adalah penggunaan teknologi XML. XML mendukung pengembangan dokumen semiterstruktur yang berisi metadata dan teks. Metadata menggunakan tag XML dan dapat menjelaskan struktur dokumen. Tanpa metadata aplikasi tidak mampu memahami dan menguraikan isi dari dokumen XML.  XML menggunakan DTD dan XSD sebagai pendefinisian skema untuk data terstruktur yang ada.  Gambar di bawah ini berisi rekord ‘mahasiswa’.

Data Terstruktur

Data terstruktur mendefinisikan tipe data atribut, yang ada pada rekord maupun tuple. Setiap rekord memiliki field yang sama. Data ada dalam entitas dan entitas yang sama dikelompokkan menjadi satu menggunakan relasi atau kelas. Entitas dalam kelompok yang sama memiliki atribut yang sama pula. Deskripsi untuk semua  entitas dalam skema memiliki kesamaan format.

Penggunaan data terstruktur semakin banyak dilakukan , sejak basisdata relasional ada untuk mengatur data dengan ukuran sangat besar. Sistem yang ada saat ini, seperti CRM (Customer Relationship Management), ERP (Enterprise Resource Planning) dan CMS (Content Managemnt System) merupakan data terstruktur untuk pemodelan data.

2 comments on “Data Tidak Terstruktur, SemiTerstruktur dan Terstruktur

  1. Keren2…
    Makasih atas ilmunya… Sekarang jadi lebih mengerti tentang beda nya data terstruktur dan data tidak terstruktur.

    Kalau boleh kasih saran, kayaknya bakalan lebih jelas lagi nih, kalau contohnya2 dikasih gambar. biasa orang indonesia…lebih seneng liat gambar…hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s