Komponen Ontology

Ontology menggunakan banyak variasi struktur, tergantung dari penggunaan bahasa ontology termasuk sintaksis yang digunakan. Perlu diingat adalah ontology tidak melakukan apapun, fungsi perhitungan dan lainnya yang memproses ontology tidak hanya tergantung dari data yang terdapat dalam ontology tersebut, tetapi juga tergantung kepada aplikasi yang digunakan. Ontology memiliki beberapa komponen yang dapat menjelaskan ontology tersebut, diantaranya :

  • Konsep (Concept)

Digunakan dalam pemahaman yang luas. Sebuah konsep dapat sesuatu yang dikatakan, sehingga dapat pula merupakan penjelasan dari tugas, fungsi, aksi, strategi, dan sebagainya. Concept juga dikenal sebagai class, object dan catagories.

  • Relasi (relation)

merupakan representasi sebuah tipe dari interaksi antara konsep dari sebuah domain. Secara formal dapat didefinisikan sebagai subset dari sebuah produk dari n set, R:C1 x C2 X . . . x Cn. Sebagai contoh dari relasi binari termasuk subclass-of dan connected-to.

  • Fungsi (functions)

adalah sebuah relasi khusus dimana elemen ke n dari relasi adalah unik untuk elemen ke n-1. F:C1 x C2 x . . . Cn-1 ¡ > Cn, contohnya adalah Mother-of.

  • Aksiom (axioms)

digunakan untuk memodelkan sebuah kalimat (sentence) yang selalu benar.

  • Instances

digunakan untuk merepresentasikan elemen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s