Sistem Multi Agent

Sistem multi agent berasal dari distributed artificial intelligence yang merupakan salah satu cabang  ilmu artificial intelligence (AI). Dalam kerangka perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini membawa dampak yang baik bagi perkembangan teknologi agent dan multi agent sehingga telah dapat dengan mudah diimplementasikan secara nyata . Banyak sekali contoh aplikasi yang menerapkan sistem agent dan multi agent ini seperti ACORN (Agen-base Community Oriented Routing Network), FIPA-OS yang dibuat oleh Foundation for Intelligent Physical Agent.

Perkembangan dari sistem multi agent juga tidak terlepas dari kelebihan yang dimilikinya seperti karakteristiknya yang otonomi, proaktif, intelligent (cerdas), corporate (mampu bekerja sama dengan agent lain).

Sistem multi agent dibangun atas 3 kategori yang umum, yaitu, provider agent, service requester agent, dan middle agent. Provider agent penyedia layanan, seperti pencarian informasi, mememcahkan masalah yang spesifik. Requester agent adalah agent yang membutuhkan layanan tersebut. Sedangkan Middle Agent digunakan untuk mencari kecocokan antar agent. Proses pencocokan yang dilakukan oleh Middle agent ini disebut  matchmaking.

Proses matchmaking fungsi utamanya untuk menemukan tingkat kesamaan (similarity) yang tertinggi, atau menemukan tingkat jarak (distance) yang terpendek antar representasi spesifikasi provider agent dan requester agent.  urutan-unturan proses dalam matchmaking , sebagai berikut:

  • Provider agent menawarkan/mengiklankan (advertise) kapabilitasnya kepada middle agent.
  • Middle agent menyimpan informasi kapabilitas tersebut.
  • Requester agent menyampaikan permintaan ke middle agent, untuk mendapatkan provider agent yang sesuai dengan yang spesifikasi yang diinginkan.
  • Middle agent melakukan proses pencocokan antara request agent dengan provider agent, kemudian memberikan hasil berupa subset dari provider agent yang memiliki spesifikasi paling mendekati request tersebut.

Beberapa metode yang digunakan untuk merepresentasikan spesifikasi informasi yang digunakan dalam sistem multi agent antara lain adalah LARKS (Language for Advertisement and Request for Knowledge Sharing) , KQML (Knowledge Query and Manipulation Language) , EXPECT (Explicit Representations for flexible Acquisition)  dan representasi object berupa node labelled, arc labelled, arc weighted tree pada Object Oriented Rule Markup Language (OO RuleML).

Sesuai hasil penelitian metoda OO RuleML memiliki beberapa kelebihan dibanding metoda LARKS dan KQML, kelebihan-kelebihan tersebut antara lain: dapat meng akomodasi representrasi object complete yang terstrukture secara fleksible, punya unsur bobot (wieght) pada arc dan dapat mewakili tingkat prioritas, preferensi atau tingkat kepentingan. Sehingga proses matchmaking menjadi lebih sempurna . Karena kelebihan-kelebihan inilah maka pada penelitian ini digunakan metoda OO RuleML.

Informasi yang dibawa oleh agent buyer dan agent seller pada metoda OO RuleML direpresentasikan dalam sebuah tree yang memiliki karakteristik node berlabel, arc berlabel dan arc berbobot. Contoh representasi tree bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

Gambar Contoh representasi tree.

Untuk menserialisasikan representasi tree saat terjadi pertukaran informasi antar agent di dalam web digunakan RuleML versi Object Oriented Modelling [8], yang disebut Weighted Object Oriented RuleML yang mengacu pada standarisasi XML (Extended Merkup Language). Contoh nya bisa di lihat pada gambar berikut:

Gambar Serialisasi representasi tree.

Pada gambar diatas terdapat beberapa simbol, adapun keterangan dari simbol-simbol ini antara lain:

  • <cterm> = keseluruhan tree.
  • <opc> = root dari tree.
  • <ctor> = node label dari root.
  • <_r> = role dari setiap arch/edge dan memiliki beberapa attribute yaitu n mewakili label dan w yang mewakili bobot/weight.
  • <ind> = label untuk role.

Sub tree dari sebuah role memiliki struktur yang sama/indentik yang diawali dengan <cterm> dan seterusnya seperti pada gambar diatas.

2 comments on “Sistem Multi Agent

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s