Face Recognition dengan algoritma KDDA

Idenifikasi wajah dewasa ini telah menjadi salah satu bidang yang banyak diteliti dan juga dikembangkan oleh para pakar di bidang ini, hal ini disebabkan semakin luasnya penggunaan teknik identifikasi wajah dalam aplikasi yang dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya aplikasi keamanan yang menggunakan wajah seseorang untuk identifikasi identitas. Wajah dipilih sebagai ciri pembeda antar manusia karena informasi wajah lebih mudah untuk didapatkan daripada ciri pembeda manusia yang lain, seperti sidik jari ataupun iris mata.

Ekstraksi fitur wajah adalah masalah fundamental dalam identifikasi wajah. Sebagaimana diketahui bahwa distribusi fitur, ciri-ciri pembeda dari citra wajah dengan perbedaan sudut pengambilan, pencahayaan dan ekspresi wajah bersifat nonlinier, sehingga tidaklah mengherankan apabila teknik linier ekstraksi fitur wajah seperti principle component analysis (PCA) atau linier discriminant analysis (LDA) tidak dapat memberikan solusi yang cukup baik dan handal dalam mengatasi permasalahan nonlinier. Salah satu solusi dari kegagalan teknik linier ekstraksi fitur wajah dalam masalah nonlinier adalah gagasan penggunaan fungsi kernel. Beberapa algoritma yang menggunkan fungsi kernel telah terbukti dapat mengatasi permasalahan nonlinier yang dihadapi teknik linier ekstraksi fitur wajah, salah satunya adalah algoritma kernel direct discriminant analysis (KDDA) yang merupakan pemngembangan dari algoritma direct liner discriminant analysis (DLDA) dan generalized discriminant analysis (GDA).

Hasil yang diperoleh dalam proses pengenalan wajah dengan metode KDDA dihasilkan Recognition Rate sebesar 92,86 % untuk pelatihan terurut dengan database UOB dan 97,5 % untuk pelatihan terurut dengan database ORL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s