Aplikasi penentuan penempatan barang di supermarket dengan metode Association Rule Mining

poster_diagramSaat ini muncul tuntutan bagi seorang pengambil keputusan, untuk dapat melihat peuang-peluang yang dapat meningkatkan penjualan di perusahaannya, berdasarkan informasi yang benar. Pengambil keputusan perlu memakai suatu sistem yang dapat mendukungnya dalam mengambil keputusan secara tepat. Pengetahuan atas suatu produk , dapat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Salah satu cara untuk memperoleh pengetahuan adalah dengan melakukan data mining.

Aplikasi menggunakan algoritma apriori untuk melakukan analisa Market Basket Analysis. Data yang diperlukan diambil dari data transaksi penjualan selama periode tertentu dan diolah sehingga menghasilkan frequent itemset dan pada akhirnya menghasilkan association rules dari barang dalam transaksi. Rules ditampilkan dalam bentuk grafik.

Akhirnya pengambil keputusan dapat mengetahui barang apa saja yang sering dibeli bersamaan oleh konsumen di supermarket, informasi tersebut dapat digunakan untuk mengatur strategi pemasaran atau peningkatan penjualan. Misalnya untuk menentukan tata letak toko yang baru dan barang mana yang harus diletakkan berdekatan sehingga dapat memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang tersebut.

2 comments on “Aplikasi penentuan penempatan barang di supermarket dengan metode Association Rule Mining

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s