eXtreme Programming

circleseXtreme Programming (XP) adalah metode pengembangan perangkat lunak yang ringan dan termasuk salah satu metode agile yang dipelopori oleh Kent Back, Ron Jeffries dan Ward Cunningham. XP merupakan metode agile yang paling banyak digunakan dan menjadi sebuah pendekatan yang terkenal. Sasaran XP adalah tim yang dibentuk berukuran dari kecil sampai ke medium. Hal ini dimaksudkan untuk menghadapi requirement yang tidak jelas maupun terjadinya perubahan-perubahan requirement yang sangat cepat.

Xp sebagai sebuah metode yang dinamis diperlihatkan dalam empat nilai yang dimilikinya dan keempatnya merupakan dasar-dasar yang diperlukan dalam XP. Kent Beck menyatakan bahwa tujuan jangka pendek individu seringkali berbenturan dengan tujuan sosial jangka panjang. Karena itu dibuatlah nilai yang menjadi aturan, hukuman dan juga penghargaan. Keempat nilai tersebut adalah :

1. Komunikasi

2. Kesederhanaan

3. Umpan Balik

4. Keberanian

Sebagai sebuah metodologi untuk mengembangkan perangkat lunak XP tentu memiliki siklus hidup. Siklus hidup pada XP terdapat lima fase, yaitu :

1. Exploration

2. Planning

3. Iteration to Release

4. Productionizing

5. Maintenance

6. Death

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s