Model ontologi perusahaan IT

ontology-dimensions-map_20070423bUmumnya sebuah perusahaan teknologi informasi, terutama yang mengkhususkan pada proyek pengembangan perangkat lunak memiliki banyak proyek yang telah, sedang atau akan dilaksanakan. Proyek-proyek dapat sangat beragam, memiliki kemiripan tertentu , ataupun dari yang sangat sederhana hingga yang kompleks dan multifungsional. Untuk penanganan informasi proyek-proyek tersebut secara lebih efisien dan efektif agar sesuai dengan visi dan menguntungkan perusahaan akan memerlukan proses manajerial handal dari berbagai sisi, termasuk waktu lama dan biaya mahal. Satu solusi untuk mengoptimalkan persoalan ini tidak hanya menyangkut kebutuhan seorang manajer atau direktur departemen proyek yang profesional atau dengan sistem basis data proyek perusahaan yang baik, namun tetap tidak dapat dengan mudah diakses oleh semua pihak yang berkompeten atau terkait langsung dan tidak langsung dengan informasi proyek-proyek tersebut.

Dalam studi kasus ini telah dibangun sebuah model data semantic berbasis ontologi untuk mengoptimalkan pemanfaatan bersama informsi dan pengetahuan proyek-proyek perusahaan bagi semua pihak yang terkait. Model data disusun berdasarkan kelas-kelas seperti software_house, divisi, proyek dan staf yang selanjutnya disebut ontologi softwarehouse.

Kelas softwarehouse merupakan superclass dari kelas divisi, proyek dan staff. Kelas divisi memiliki subclass, yaitu produksi, sdm, marketing, technical_support dan R-DEV. Kelas produksi memiliki subclass produksi-akademik, produksi-bisnis, produksi-pemerintahan dan produksi-multimedia. Divisi produk-akademik khusus menangani proyek-proyek yang berhubungan dengan kegiatan akademik. Produksi-pemerintahan khusus menangani proyek-proyek yang berhubungan dengan birokrasi pemerintahan, seperti sistem informasi kependudukan. Divisi bisnis merupakan divisi yang menangani proyek yang berasal dari perusahaan swasta dan yang terakhir adalah divisi yang berhubungan dengan proyek multimedia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s