Sistem Informasi Geografis untuk layanan pariwisata berbasis J2ME

fig1Dewasa ini, tingkat mobilitas masyarakat semakin tinggi. Hal ini disebabkan karena tersedianya sarana dan prasarana transportasi yang semakin memadai yang memudahkan masyarakat berpindah tempat. Mobilitas memungkinkan masyarakat dapat berperan sebagai turis setiap saat mereka melakukan aktivitas mobile-nya. Di samping itu, tingkat kesibukan masyarakat yang tinggi menuntut adanya efektivitas dan efisiensi waktu agar proses mobilitas dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan adanya pemanduan untuk membantu memudahkan masyarakat mobile beradaptasi dengan lingkungan baru.

Untuk menjawab persoalan diatas, dibangunlah Sistem Informasi Geografis (SIG) Mobile Pemandu Turis (T-GIS). Sistem ini dibangun dengan menerapkan teknologi SIG pada perangkat mobile untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan mobilitas sehingga dapat membantu masyarakat kapanpun dan dimanapun mereka berada. Pemanduan turis tidak hanya mengandalkan kemampuan pemandu akan informasi yang dimilikinya, melainkan juga cara penyampaian informasi yang komunikatif kepada turis. Oleh karena itu, penerapan pemanduan pada sistem juga difokuskan pada interaksi yang interaktif antara pengguna dengan sistem.

Pada tugas akhir ini dilakukan perancangan SIG pada perangkat mobile dengan menerapkan konsep pemanduan turis dengan fokus kajian pada pembangunan interaksi yang interaktif antara pengguna dengan sistem. Perancangan sistem dilakukan dengan menggunakan pemodelan task untuk memodelkan interaksi antara pengguna dengan sistem. Dari model analisis yang dihasilkan, dibuat rancangan perangkat lunak dengan memanfaatkan bahasa pemodelan Unified Modelling Language (UML). Hasil rancangan sistem kemudian diimplementasikan menjadi prototipe dengan memanfaatkan tools MapServer dan Netbeans Mobility. Prototipe tersebut kemudian diujikan untuk mengetahui efektivitas usability sistem. Hasil dari tugas akhir ini berupa rancangan sistem pemanduan dan prototipe perangkat lunak T-GIS yang merepresentasikan hasil rancangan sistem pemanduan tersebut. Rancangan yang dihasilkan diharapkan dapat dimanfaatkan untuk penelitian selanjutnya.

Sumber : Tugas akhir Indriani Noor Hapsari, 2008, Institut Teknologi Bandung

16 comments on “Sistem Informasi Geografis untuk layanan pariwisata berbasis J2ME

  1. Saya juga sedang menggarap Projek akhir dengan judul IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
    MENGGUNAKAN J2ME
    UNTUK JENIS PERKEBUNAN DI KABUPATEN BLITAR
    , karena ada kesamaan boleh minta email dr Indriani Noor Hapsari ngaK?
    Mau nanya2 nie? Help ya?

  2. mas,, aq udah beberapa kali email mbak indriani.. tp gk pernah di respon,, padahal aq butuh bgt nih share2 dgn mbak nya… project akhir ku mirip bgt ma yg mbak indriani buat..

  3. mas,, mau nnya..
    gimana caranya koneksi mapserver dgn j2me…
    jelasin donk mas..
    klo ada file/url yg berhubungan dgn pertanyaanku ini, silakan di share ya mas.. makasih

    • lihat studi kasusnya dimana. pelajari sistem infor pariwisata yang ada di studi kasus tsb, trus usulan perbaikan tuk sistem infor pariwisatanya. saran aja, banyak baca paper tentang sistem informasi pariwisata.

  4. Ping-balik: NIM: 08650008 (Telusur Jurnal) – MetPen

  5. Aku sekarang sedang menghadapi TA dengan judul Perancangan aplikasi SIG berbasis Mobile (J2ME) untuk peta pusat perbelanjaan di Surabaya.

    Bisa minta ID YM, Hotmail, ato Google Talk?
    Karena saya ingin murni mengerjakan TA sendiri.
    Mohon bantuannya. Thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s