Knowledge Management System

knowledge-management-1Knowledge Management System jika didefinisikan terdiri dari 2 hal yaitu sistem dan Knowledge Management. Sistem adalah kumpulan yang saling berhubungan dari interoperable elements, yang masing-msing mempunyai kapabilitas yang sudah terspesifikasi secara eksplisit dan terbatas, bekerja secara sinergis untuk menghasilkan proses yang bernilai tambah yang memungkinkan pengguna sistem memnuhi kebutuhan operasionalnya yang berorientasi misi dalam lingkungan operasi yang sudah didefinisikan keluaran dan kemungkinan suksesnya.

Pada definisi sistem diatas, yang dimaksud dengan “Interoble elements” adalah elemen dalam struktur sistem harus compatible satu sama lain. Elemen struktur sistem dapat berupa hardware, software , personnel, fasilitas dsb yang mendukung pencapaian misi sistem.

Sementara itu, Knowledge Management merupakan eksplisit dan sistematik dari pengetahuan yang vital dan proses yang terkait dengan pengethuan dalam mencapai tujuan organisasi. Yang dimaksud dengan pengetahuan adalah gabungan yang selalu berubah-ubah dari suatu pengalaman, nilai, informasi konstekstual wawasan ahli dan dasar institusi yang menyediakan lingkungan dan framework untuk mengevaluasi dan menghasilkan pengalaman dan informasi baru. Pengetahuan berasal dan diaplikasikan didalam pikiran orang yang mempunyai pengetahuan tersebut, Dalam organisasi, pengetahuan sering tertanam tidak hanya pada dokumen atau tempat penyimpanan namun juga ada pada rutinitas dari organisasi, proyek dan aturan.

Penamaan terhadap proses yang terkait dengan pengetahuan di dalam Knowledge Management berbeda-beda, namun konsep dari bisnis tersebut tetap sama. Setidaknya da empat proses dasar di dalam Knowledge Management, yaitu knowledge creation, knowledge storage, knowledge transfer dan knowledge application.

Termasuk didalam knowledge creation adalah semua proses yang dilibatkan dalam penambahan dan pengembangan pengetahuan. Menurut Ronal Freeze (2005) knowledge store mengacu pada proses yang diperlukan untuk meletakkan pengetahuan organisasi ke dalam suatu bentuk agar dapat diakses oleh pihak lain yang membutuhkannya. Knowledge transfer melibatkan pembagian (sharing) pengetahuan , baik dari segi creation atau codified maupun penggunaannya. Knowledge application melibatkan pengembalian dan penerapan pengetahuan yang sudah dikodefikasi untuk mendukung aksi, keputusan dan penyelesaian masalah.

One comment on “Knowledge Management System

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s