Enkripsi SMS dan MMS dengan algoritma DES pada J2ME

algoritmaKeamanan SMS ( Short Message Service ) atau MMS ( Multi Media Service) pada telepon seluler dirasakan masih kurang. Komunikasi melalui media SMS atau MMS bukanlah komunikasi point to point Karena pesan yang dikirimkan melalui media SMS atau MMS tidak langsung sampai pada tujuan, melainkan melalui jaringan SMS atau MMS. Tugas Akhir ini membahas tentang aplikasi yang dapat mengenkripsi atau melindungi pesan agar kerahasiaan SMS atau MMS yang dikirim terjaga. Aplikasi enkripsi ini di dibangun dengan Algoritma DES ( Data Encryption Standart ). Algoritma DES merupakan Algoritma Simetri, algoritma ini mempunyai ketangguhan dalam mengenkripsi pesan atau plainteks, algoritma ini menggunakan 16 kali proses untuk mengenkripsi pesan. Aplikasi menggunakan teknologi J2ME ( Java 2 Micro Edition ) yang ditanamkan pada telepon seluler. Berdasarkan pengujian aplikasi pada handphone, dapat dilihat bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik dan algorima DES dapat di implementasikan untuk enkripsi SMS dan MMS pada telepon seluler.

18 comments on “Enkripsi SMS dan MMS dengan algoritma DES pada J2ME

  1. Berarti enkripsi untuk image,video juga ya mas….kalo image itu apa dengan mengacak pixelnya ya? boleh tidak saya minta source codenya? saya mohon ya…dan trimakasih banyak🙂

    • ya, karena pada dasarnya algoritma DES yang dimainkan adalah kode-kode biner. kalau image n video kan pasti punya kode binernya juga.

  2. image MMS yg kita kirim apakan bisa dilihat oleh operator??
    apakah setelah kita mengirim MMS image itu disimpan di galeri providder yg qta pakai atau langsung dihapu atau dileburkan??
    saya mohon informasinya..terima kasih..

    • pembahasan masalah keamanan hanya antar user pengguna HP, belum ke galery provider.
      so, image masih ada. Keamanannya -> jika tiga kali salah meng-entrykan password, keluar sistem

      • saya pernah dikirim MMS tapi MMS itu tidak sampai ke HP saya karna mungkin filenya terlalu besar, lalu saya disuruh membukanya di alamat yang sudah disediakan oleh indosat,dan cara membukanya pun memakai pasword yg dikasih ke saya, baru saya dapat membukanya..berarti image itu tersimpan di galeri indosat kan??apakah image itu dapat dilihat sewaktu-waktu oleh operator atau pemilik hak penuh provider itu?

        apakah ada kemungkinan kebocoran sehingga image itu dapat tersebar luas di internet??

        terimakasih..

      • pasti! semua file text, suara maupun image akan tersimpan di server provider. jenis file2 tadi bisa diminta untuk kepentingan t3 , misalnya penyelidikan adanya kejahatan, dll. Setiap hari tentunya akan beredar berjuta2 megabyte jenis file2 di server provider.
        Tentang kekhawatiran Anda, operator atau orang yang punya hak penuh bisa lihat file yang Anda kirimkan, Bisa saja itu terjadi dan sangat mungkin. Namun, kalau sampai beredar ke internet , tu kerjaan orang iseng.

        Saran aja bro….teknologi dibuat untuk hal positif, so gunakan teknologi sebijak mungkin. ga perlu ikut tren yg ga bener!
        Salam…

  3. mas boleh saya meminta email ato apa aja untuk menghubungi teman mas yang punya souce codenya,,cos saya punya kesulitan tentang codingnya, saya mau share sama anaknya

  4. Slm Hormat, ada program penyimpan data rahasia, support berbagai macam file, kunci enkripsi (password) dapat mencapai 256 karakter (2048 bit), program ini menggunakan algoritma enkripsi PR (buatan indonesia), GRATIS untuk penggunaan pribadi (personal). Dan ada juga file library DLL algoritma enkripsi PR dan contoh kode program pemakaian fungsi-fungsi librari algoritma enkripsi PR dalam bahasa delphi, file librari ini dapat juga diterapkan pada berbagai bahasa pemrograman lainnya, yang dapat mengakses librari DLL. Dan dapat juga mengevaluasi dan menganalisis keamanan dari algoritma enkripsi PR ini, Dapat didownload di http://www.ciauldownload.blogspot.com , terima kasih

  5. mas,, saya lagi belajar j2me..
    saya tertarik dengan enkripsi sms.
    tolong kirimin scriptnya dunk mas…

    makasih ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s