Sistem Informasi Geografis

GISSistem Informasi Geografis (GIS) adalah suatu sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi dan menganalisis informasi geografis. Perbedaan GIS dengan sistem informasi yang lain adalah kemampuannya dalam melakukan penggabungan data spasial dan menganalisis data/informasi dengan menggunakan sistem pengelola basis data (DBMS). Kunci dari GIS adalah penanganan dan analisis data berdasarkan lokasi geografis.

Secara umum, sistem kerja GIS berdasarkan integrasi 4 (empat) komponen, yaitu : Hardware, Software, Data dan Pengguna. Sedangkan ruang ruang lingkup proses yang dilakukan pada GIS, yaitu : Input data, Transformasi data, editing, manajemen data, query dan analisis (analisis proximity, analisis overlay) overlay dibutuhkan karena lebih dari satu layer, Visualisasi.

GIS menghubungkan sekumpulan unsur-unsur peta dengan stribut-atributnya didalam satuan-satuan yang disebut layer. Kumpulan dari layer-layer ini akan membentuk basis data GIS. Dengan demikian, perancangan basis data merupakan hal yang esensial didalam GIS. Rancangan basis data akan menentukan efektifitas dan efisiensi proses-proses masukan, pengelolaan dan keluaran GIS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s