Memahami e-learning

mn n

E-learning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas teknologi informsi dan komunikasi. Teknologi informasi dapat berperan sebagai media yang menyediakan interaksi antara staff pengajar dan mahasiswa, sumber belajar dan sarana untuk meng-efisien-kan evaluasi pembelajaran. Teknologi informasi dapat dipandang secara positif sebagai media yang dapat membantu interaksi dan proses belajar mengajar.

Ciri khas e-learning adalah independen terhadap waktu dan ruang. Independen terhadap waktu memiliki arti bahwa pembelajaran dapat dilaksanakan kapan saja. Hal ini, lebih terkait dengan kemampuan teknologi informasi untuk menyediakan bahan ajar dan menyimpan instruksi pembelajaran yang dapat diakses kapanpun. Independen terhadap ruang lebih terkait terhadap fasilitas e-learning yang tidak membutuhkan tempat yang luas sebagaimana ruang kelas konvensional.

Aktivitas pembelajaran dengan teknologi informasi dapat dipahami sebagai aplikasi teknologi informasi pada skala pragmatis. Aplikasi pada skala pragmatis memerlukan keterkaitan dengan fasilitas atau infrastruktur lain, tidak hanya sekedar fasilitas teknologi informasi saja. Ciri khas dari pembelajaran akan hilang jika fasilitas e-learning hanya sampai level aplikasi yang bersifat semantik bahkan sintaks. Secara pragmatis e-learning sebaiknya mampu memfasilitasi interaksi antara mahasiswa dan staff pengajar yang memerlukan dukungan infrastruktur lain.

Beberapa contoh berikut dapat digunakan untuk melihat e-learning sebagai aplikasi teknologi pada dimensi pragmatis. Mahasiswa dapat melakukan interaki terhadap staff pengajar. Interaksi dapat berupa pertanyaan ataupun evaluasi terhadap pembelajaran mahasiswa. Hasil evaluasi pembelajaran mahasiswa dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk menentukan kelulusan mahasiswa terhadap sebuah matakuliah tertentu. Informasi kelulusan mahasiswa dapat dipandang sebagai stimulus untuk menerbitkan tanda lulus, KRS ataupun untuk izin mengambil matakuliah lanjut dan pembayaran SKS berikutnya. Pembayaran memerlukan infrastruktur pembayaran yang terkait dengan bank maupun lembaga administratif di perguruan tinggi. Institusi tersebut berada di luar sistem e-learning itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s