Student Centered Learning

SCLSCL merupakan pendekatan pembelajaran yang lebih berfokus kepada kebutuhan siswa bukan berfokus pada pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran, seperti pengajar dan administrator. Pendekatan ini memiliki berbagai dampak bagi perancangan kurikulum, materi maupun aktivitas pembelajaran, SCL berlawanan dengan teacher centered learning, dimana SCL lebih difokuskan kepada kebutuhan, kemampuan, minat, dan gaya pembelajaran dari siswa dengan pengajar sebagai fasilitator pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, setiap siswa dituntut untuk  aktif dan bertanggung jawab terhadap pembelajarannya sendiri.

SCL memberikan autonomi, pengelolaan pilihan materi, dan pendekatan pembelajaran yang lebih baik bagi siswa. Pandangan tersebut mengandung tiga karakteristik utama dari SCL yang harus mendapatkan input dari siswa, diantaranya materi, cara dan waktu pembelajaran.

Dalam SCL,perencanaan, pengajaran dan pengukuran difokuskan pada kebutuhan dan kemampuan siswa. Dasar utama pelaksanaannya adalah : “pembelajaran akan menjadi sangat berarti ketika topik pembelajaran relevan dengan kebutuhan, kemampuan dan minat siswa, dan ketika siswa itu sendiri dilibatkan secara aktif dalam pembuatan, pemahaman dan penghubungan knowledge.”

Selain itu, siswa juga memiliki motivasi lebih untuk belajar ketika mereka merasa diikutsertakan pada pembejaran mereka sendiri. Dalam hal ini, peran dari pengajar hanya sebagai pengendali kelas, dimana setiap siswa diberi kebebasan untuk melakukan percobaan dan pencarian ilmunya sendiri. Setiap siswa tidak hanya mengingat informasi, namun juga bekerja menggunakan informasi tersebut sendiri atau bersama dengan kelompok. Mereka diberikan pilihan dan dilibatkan dalam pengambilan keputusan kelas.

2 comments on “Student Centered Learning

  1. mas mungkin mempunyai jurnal tentang sc.mohon mas saya dikirimkan lewat email karena saya tertarik sekali dengan scl. terima kasih

    • maaf tidak punya. kalo ga salah artikel ini saya dapatkan dari proceeding KNSI (Konferensi Nasional Sistem Informasi). lupa tahun berapa. setau sy sudah diterbitkan oleh Informatika bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s