Usulan perbaikan pelaksanaan ujian konvensional

exam1Berikut ini merupakan langkah-langkah perbaikan terhadap pelaksanaan ujian konvensional :

1.  Dosen memasukkan data ujian beserta jawaban ke dalam sistem

2.  Data soal dan jawaban akan disimpan pada server

3.  Mahasiswa yang akan mengikuti ujian , harus melakukan registrasi ke sistem dengan mengirimkan NIM dan Kode MK ke sistem

4. Data yang dikirimkan mahasiswa akan dikirim ke server. Server akan melakukan validasi, apakah mahasiswa berhak mengikuti ujian tersebut berdasarkan data yang ada pada akademik dan melakukan pengacakan posisi kelas untuk mahasiswa yang bersangkutan.

5. Mahasiswa yang berhak mengikuti ujian akan menerima status valid dan menerima posisi kelas ( yang telah diacak untuk setiap mahasiswa) dimana mereka dapat melakukan ujian . Pengacakan ini untuk menghindari kecurangan, karena dengan mekanisme ini sangat kecil kemungkinan mahasiswa yang mengambil mata kuliah (MK) yang sama duduk berdekatan dan selain itu masih terdapat para pengawas yang akan mengambil daftar hadir serta membagikan kertas buram.

6. Mahasiswa menerima konfirmasi status dan posisi kelas.

7. Mahasiswa menuju ke kelas yang telah ditentukan.

8. Server akan melakukan pencetakan daftar hadir mahasiswa perkelas yang telah diacak tadi

9. Daftar hadir dibagikan kepada para pengawas.

10.Para pengawas akan menuju ke kelas yang telah ditentukan untuk melakukan pengawasan dan mengambil daftar hadir yang kemudian akan disimpan sebagai arsip tanda kehadiran mahasiswa.

11. pada jadwal yang ditentukan, maka sistem mulai mengirim soal-soal yang berkesesuaian dengan mahasiswa yang telah melakukan registrasi. Sistem kemudian menyimpan setiap jawaban mahasiswa tadi. Untuk lebih meningkatkan keamanan ujian, maka soal ujian dapat sebelumnya diacak, sehingga ada kemungkinan untuk setiap mahasiswa berbeda soal yang mereka terima.

12. Mahasiswa menjawab setiap pertanyaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

13. Setelah melakukan pengolahan terhadap setiap data jawaban mahasiswa yang masuk, kemudian server akan mengirimkan hasil perolehan poin kepada mahasiswa.

14. Mahasiswa menerima data hasil ujian baik melalui perangkat seluler mereka maupun melalui akses langsung ke web site yang telah disediakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s