Membangun Portal Pengetahuan di Lingkungan Akademik

kmLingkungan Akademik adalah lingkungan yang sarat dengan pengetahuan. Pengetahuan yang ada di lingkungan akademik terus berubah secara dinamis sesuai dengan dinamika orang-orang yang terlibat. Pengetahuan sendiri sebenarnya merupakan aset penting bagi organisasi/institusi akademik. Oleh karena itu, jika dikelola dengan tepat, maka pengetahuan ini akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi seluruh komponen di lingkungan akademik baik mahasiswa, dosen maupun elemen-elemen lainnya.

Sayangnya hingga saat ini, masih sedikit institusi pendidikan di Indonesia yang menerapkan manajemen pengetahuan , sehingga pengetahuan yang ada tidak terkelola dengan baik. Pengetahuan datang dan pergi bersamaan dengan datang dan pergi orang-orang di lingkungan tersebut. Salah satu cara untuk mengelola pengetahuan adalah dengan membangun portal pengetahuan yang dapat digunakan sebagai fasilitator untuk berbagi pengetahuan.

Usulan tahapan pembangunan dan implementasi portal pengetahuan, khususnya untuk lingkungan akademik, dengan menekankan asumsi bahwa manajemen pengetahuan bukanlah sebuah produk, tetapi merupakan suatu kerangka kerja yang utuh yang harus dijalankan secara bertahap dan terencana dengan baik. Teknologi hanyalah sebagai pendukung mempermudah proses berbagi pengetahuan , sedangkan keberhasilan portal pengetahuan terletak pada perencanaan isi (content), proses dan dukungan tim yang tepat.

Dewi Rosmala, Falahah, ITN & STEI-ITB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s