Implementasi Mobile Customer Relationship Management (mCRM) menggunakan metode Schierholz

mcrmCRM (Customer Relationship Management) merupakan sekumpulan strategi, proses dan teknologi yang berfungsi memperkuat hubungan perusahaan dengan customer di setiap siklus, mulai dari marketing, sales hingga post sales service. CRM memiliki fokus untuk meraih keseimbangan yang optimum antara investasi perusahaan dengan pemenuhan kebutuhan customer untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.

mCRM (mobile Customer Relationship management) merupakan sebuah implementasi CRM yang menggunakan mobile device sebagai medianya. Perkembangan yang luar biasa di dunia mobile menyebabkan mCRM menjadi media yang cukup diperhitungkan saat ini dalam mengimplementasikan CRM. Proses komunikasi yang berlangsung dalam interaksi di dunia mobile berbeda dengan proses komunikasi yang dilakukan dalam media lainnya.

Metode Schierholz merupakan salah satu metode pendekatan yang digunakan untuk me-mobile-kan CRM. Metode ini merupakan sintesis dari beberapa metode sebelumnya yang sudah ada dengan mengacu pada Business Engineering Framework. Kelebihan metode ini adalah mampu menjaga agar proses mobilization tetap sesuai dengan tujuan dari perusahaan.

Implementasi sistem mCRM diharapkan dapat meningkatkan kualitas hubungan perusahaan dengan customer sekaligus berefek signifikan dalam meningkatkan keuntungan perusahaan khususnya dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s