Pemetaan Posisi Kendaraan menggunakan Mapserver berdasarkan data GPS (Global Positioning System)

GPS1Proses untuk melacak dan menemukan posisi kendaraan akan membutuhkan waktu yang lama, hal ini disebabkan adanya delay waktu saat pencarian. Keadaan ini kurang efektif sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mangatasi keadaan tersebut.

Dengan penggunaan software mapserver yang dapat membuat aplikasi pemetaan di dalam sebuah web dan memanfaatkan teknologi GPS (Global Positioning System), mikrokontroler dan handphone yang terpasang pada kendaraan.

Untuk memperoleh hasil dari sistem ini user memberikan instruksi request melalui browser. Instruksi tersebut akan dikirim melalui SMS dan diterima oleh handphone pada kendaraan dengan membutuhkan waktu sekitar 30 detik. Selanjutnya mikrokontroler membaca instruksi pada SMS dan mengeksekusinya. Jika instruksinya adalah request posisi terakhir, maka mikrokontroler akan mengambil data koordinat dari GPS kemudian mengirimkan data ini melalui SMS ke handphone server. Data koordinat itu kemudiian ditampilkan pada peta digital di browser. Dengan demikian user dapat mengetahui dimana posisi kendaraannya.

Haryadi AMran Darwito, Akuwan Saleh, PENS ITS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s