Kajian Tugas Akhir Strata Satu (S1) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia

projectSejak tahun 1991 hingga tahun September 2006 , Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia telah mencetak 922 sarjana tingkat Strata 1 (S1), 426 diantaranya  melalui jalur penelitian Tugas AKhir (TA). Akan tetapi, hingga saat ini tidak ada informasi mengenai apa dan bagaimana penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa S1 Fasilkom UI. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan keberlanjutan (continuance) tren penelitian Tugas AKhir mahasiswa S1 Fasilkom UI. Tren penelitian yang dimaksud melingkupi subyek atau topik penelitian, metodologi penelitian, referensi dan pembimbing Tugas Akhir. Data relevan untuk penelitian ini didapatkan melalui evaluasi terhadap tugas akhir mahasiswa S1 Fasilkom UI.

Fokus penelitian ini ialah membentuk klasifikasi subyek penelitian, metodologi dan referensi yang digunakan dalam tugas akhir dan melakukan analisis berdasarkan klasifikasi tersebut dan pembimbing tugas akhir. Penelitian ini melakukan metodologi open coding, dilanjutkan dengan literature review kemudian selective coding. Hasil dari tugas akhir ini menunjukkan subyek Image processing dan Artificial Intelligence populer dalam tugas akhir mahasiswa S1 Fasilkom UI. Metodologi system development dominan digunakan dalam tugas akhir. Penggunaan sumber dari berbagai sumber referensi tugas akhir mahasiswa S1 Fasilkom UI menurun dan sebaliknya referensi yang bersumber dari internet meningkat. hasil juga menunjukkan tidak banyak pembimbing tugas akhir yang selalu membimbing tugas akhir mahasiswa S1 Fasilkom UI setiap tahunnya.

Shinta T Effendy, Rahmat M Safik Ibrahim, Fasilkom UI

2 comments on “Kajian Tugas Akhir Strata Satu (S1) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia

  1. Saya juga jarang membaca sebuah Tugas Akhir seorang Mahasiswa Filkom yang melakukan Penelitian, biasanya mereka hanya membuat aplikasi atau sebuah sistem, apa saya yang belum pernah membaca tentang penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa Filkom untuk S1???

    • Tugas akhir mahasiswa S1 dalam bentuk hingga ke tataran membuat aplikasi serta melakukan analisa (belum mendalam), ketika s2 , thesis haruslah memberikan kontribusi baru dari penelitian sejenis yang telah ada. Iklim penelitian di Indonesia masih sangat minim, paper-paper yang dihasilkan terbatas, sehingga pada saat kita melakukan penelitian acuannya ya harus penelitian yang english version (bahasanya). Ini penyebab salah satu mahasiswa S1 terkadang sulit memahami bahasa penelitian. Tapi , dengan pengalaman sering baca paper dan menekuni (fokus) salah satu bidang di ilkom, semua itu bisa teratasi. semoga . salam …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s