Konsep Enterprise Architecture sebagai Landasan Penyusunan Kurikulum

enterprisePendidikan merupakan hal penting bagi ketahanan maupun peningkatan kualitas hidup setiap masyarakat. Proses Pendidikan dapat terlaksana dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah proses pengajaran di lembaga pendidikan. Proses pengajaran ini membutuhkan suatu rencana yang disebut kurikulum.

Masalahnya, pada proses pengembangan kurikulum harus diperhatikan banyak faktor yang berinteraksi mengikuti pola tertentu. Hal ini menyebabkan proses pengembangan kurikulum yang memenuhi persyaratan kualitas menjadi pekerjaan yang sulit. Kualitas yang dimaksudkan disini adalah sejauh mana suatu kurikulum memenuhi persyaratan-persyaratan kurikulum yang baik. Tampak sebuah prospek untuk mengembangkan curriculum framework untuk mendukung proses perencanaan dan evaluasi kurikulum. Dugaan yang muncul adalah bahwa curriculum framework dapat dikembangkan berlandaskan pada konsep enterprise architecture.

Namun perlu dikaji terlebih dahulu apakah diantara konsep enterprise architecture dan konsep kurikulum memang terdapat kesesuaian yang cukup besar sehingga penggunaan konsep enterprise architecture dalam kaitannya dengan kurikulum dapat dipertanggungjawabkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s