Aplikasi Text on 9 keys dalam bahasa Indonesia menggunakan J2ME

n5Selama ini penulisan SMS masih sering menggunakan cara multi-tap yaitu penekanan tombol beberapa kali untuk setiap karakter, sehingga waktu penulisan pesan menjadi tidak efisien dan sering terjadi kesalahan dalam penulisan pesan. Untuk menghindari masalah-masalah tersebut maka dibuatlah suatu software yang disebut T9 (Text on 9 keys) yaitu suatu sistem yang mengijinkan pengguna untuk menekan tombol hanya sekali untuk setiap karakter.

Dalam setiap aplikasi sistem T9 yang akan dibuat masukannya berupa karakter karakter yang diinginkan, kemudian keluarannya berupa kata yang diinginkan. Jika kata yang tampil tidak sesuai maka user tinggal mengklik tombol pencariannya. Metodologi pengembangan sistemnya adalah dengan RAD (Rapid Application Development) dengan kerangka pengembangan sistem GRAPPLE ( Guideliness for Rapid Application Engineering).

Software yang digunakan untuk membangun aplikasi T9 dalam bahasa Indonesia adalah java 2 SDK standart Edition dan java wireless toolkit. Aplikasi T9 dalam bahasa Indonesia ini dapat membantu pengguna dalam penulisan teks sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat dan kesalahan yang dibuat karena penekanan tombol yang berulang kali dapat diperkecil.

Bambang Sugiantoro,Teknik Informatika, UPN Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s