Indeks Publisitas Penangkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Laman Resmi (website) perusahaan

d6Pengungkapan CSR perusahaan melalui berbagai macam media dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada para pemangku kepentingan dan juga untuk menjaga reputasi perusahaan. Salah satu media yang digunakan oleh perusahaan untuk mengungkapkan CSR adalah melalui laman resmi (website) perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah perusahaan memanfaatkan laman resminya untuk mengungkapkan program CSR yang telah dilakukannya. Fokus penelitian dalah pada tiga daerah utama , yaitu tata kelola perusahaan dan pelaaporan (corporate governance and reporting), kebijakan lingkungan dan kebijakan sosial.

Ada lima pertanyaan (kategori) yang digunakan untuk meneliti setiap area utama tersebut. Indeks publisitas  digunakan sebagai indikator untuk mengukur kuantitas informasi yang disajikan. Indeks ini menunjukkan jumlah kategori yang diungkapkan oleh perusahaan dari 15 kategori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks publisitas unilever adalah 13. Dengan demikian Unilever telah mengungkapkan 13 informasi yang relevan dengan CSR kepada publik melalui laman resminya.

Ati harmoni, FE, Universitas  Gunadharma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s