Metode Analisis Rekomendasi Pada Sistem Rekomendasi (Contoh Kasus Pemanfaatan Pada Biro Wisata)

Sistem Rekomendasi (SR) merupakan sistem yang berguna untuk menunjukkan barang-barang (item) yang berguna dan diinginkan oleh pelanggan , atau dengan kata lain untuk menambah tingkat kepuasan pelanggan (user satisfaction). Paper ini memaparkan beberapa model atau metode analisis SR yakni knowledge-based recommendation, utility-based recommendation, user-based collaborative filtering, item-based collaborative filtering, dan association rules. Penentuan penggunaan model tersebut disesuaikan dengan data atau informasi yang diperoleh dari pelanggan. Kesesuaian antara model SR dan data pelanggan akan menjadikan SR lebih optimal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s