Culture on knowledge management

Budaya sebagai salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya knowledge management. Salah satu isu yang menjadi hambatan dalam penerapan knowledge management adalah bagaimana cara agar setiap orang mau dan dapat untuk membagi pengetahuan yang dimilikinya. Budaya berbagi pengetahuan (sharing knowledge) dapat dibentuk dengan membiasakan sikap dan perilaku yang tepat pada perusahaan. Beberapa hal yang dapat dilakukan, perusahaan dapat mengubah cara dan format rapat/pertemuan untuk mendorong terjadinya dialog, bukan monolog. Perusahaan juga dapat memfasilitasi dan memberi penghargaan secara formal terhadap sharing pengetahuan yang baik. Sebagai contoh, dengan membuat open plan office dimana para chief executive duduk pada area terbuka, dan bukan pada private office. Perancangan ulang lokasi tempat kerja merupakan salah satu kunci dari keberhasilan program implementasi knowledge management. Perubahan-perubahan tersebut harus didukung dengan perilaku para manajer senior. Manajer senior berperan dalam memotivasi dan memberikan contoh kepada para pegawai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s