Efektifitas Seleksi Fitur dalam sistem temu kembali informasi

Indeks merupakan representasi dokumen yang dapat menentukan isi dari dokumen. Baik tidaknya sebuah indeks sangat bergantung kepada sejauh mana istilah-istilah yang dipilih menjadi indeks dapat merepresentasikan isi dari dokumen tersebut. Jika dua dokumen berbeda, maka seharusnya tidak terambil bersamaan jika diberikan suatu query, sebab istilah-istilah yang dipilih sebagai indeks dapat membedakan kedua dokumen tersebut .
Pemilihan istilah untuk dijadikan indeks merupakan isu yang penting dalam sistem temu-kembali informasi. Selanjunya proses pemilihan istilah ini disebut dengan seleksi fitur (feature selection). Fitur seleksi dapat menyebabkan berkurangnya ukuran indeks sehingga proses retrieval suatu dokumen menjadi lebih cepat sebab jumlah indeks yang dicari menjadi lebih sedikit.
Tugas utama seleksi fitur adalah menentukan istilah-istilah yang layak dijadikan term index atau dengan kata lain membuang (menghilangkan) istilah-istilah yang tidak mungkin dijadikan indeks. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengeliminasi istilah-istilah yang kurang merepresentasikan dokumen tersebut, diantaranya adalah menghilangkan istilah-istilah yang sering muncul pada berbagai dokumen . Istilah-istilah yang sering muncul pada berbagai dokumen biasanya adalah istilah-istilah yang tidak mempunyai arti terhadap dokumen tersebut, jika istilah ini dihilangkan, tidak mengurangi makna dokumennya. Kata sambung seperti dan, atau dan juga merupakan contoh dari kaat sambung.
Disamping istilah yang sering muncul, istilah-istilah yang jarang muncul, atau hanya muncul satu atau dua kali pada satu dokumen juga merupakan kandidat istilah yang dapat dihilangkan. Penelitian ini mencoba untuk meneliti sejauh mana seleksi fitur tersebut berpengaruh terhadap kinerja sistem temu-kembali informasi.

Indra Budi dan Rizal Fathoni Aji
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia
Kampus UI Depok 16424 Indonesia
E-mail: {indra, rizal}@cs.ui.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s