Enterprise Architecture : Antara teori dan praktek

Seberapa tepat penerapan teknologi informasi didalam sebuah organisasi bila diukur dari tujuan organisasi (visi dan misi organisasi) serta strategi bisnis yang diterapkan oleh organisasi itu sendiri ? Meskipun kita setuju bahwa teknologi informasi dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuannya, namun seringkali kita mendapati bahwa investasi penerapan teknologi informasi didalam organisasi sangat tidak terarah atau bahkan tidak sesuai dengan strategi bisnis organisasi itu sendiri. Kondisi ini yang kemudian memicu kita untuk melontarkan pertanyaan : bagaimana kita dapat memastikan bahwa investasi, penerapan teknologi informasi sesuai sasaran sesuai dengan tujuan organisasi dan strategi bisnis organisasi.

Permasalahan ini sebenarnya telah terjawab didalam teori Enterprise Architecture (EA). EA yang kerap kali lebih didekatkan pada dunia teknologi informasi diciptakan untuk dapat meletakkan investasi dan strategi teknologi informasi secara tepat sesuai dengan strategi bisnis organisasi. Dengan kata lain, EA memungkinkan kita untuk dapat menelusuri penurunan strategi bisnis organisasi hingga ke penerapan teknologi informasi didalam organisasi. Kesesuaian penerapan teknologi informasi ini akan membawa pada kesuksesan organisasi dalam meraih tujuan organisasi sesuai dengan strategi bisnis organisasi itu sendiri.

Namun demikian bagaimanakah dengan praktek pelaksanaannya ? Dapatkah EA ini diterapkan dengan mudah dan dapat memberikan hasil seperti yang dijanjikannya ?

Penerapan EA ini pada kenyataannya tidak semulus yang diharapkan. terdapat beberapa faktor umum yang kemudian menjadikannya justru gagal ditengah jalan. Tidak sedikit bahkan yang kemudian malah berbalik menjadi sebuah usaha yang sia-sia dan memakan biaya yang tidak sedikit didalam pembentukannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s