PERANCANGAN TRANSLATOR BAHASA ALAMI KE DALAM FORMAT SQL (STRUCTURED QUERY LANGUAGE)

Basis data pada umumnya diaplikasikan dengan arsitektur Client-Server, dimana pada arsitektur ini terdapat dua komponen utama, yaitu client dan server. Client berisi aplikasi basis data sedangkan server berisi DBMS dan basis data. Setiap aktifitas yang dikehendaki pemakai akan lebih dahulu ditangani oleh client. Jika ada proses yang harus melibatkan data pada basis data, barulah client melakukan kontak permintaan terhadap server dan selanjutnya server mengeksekusi permintaan tersebut terhadap basis data yang terdapat di dalamnya .
Permintaan data oleh client terhadap server dinyatakan dengan bahasa basis data. Dari sekian banyak bahasa basis data yang pernah ada seperti SQL, dbase, QUEL dan lain-lain, yang menjadi standar pada saat ini adalah SQL (Stuctured Query Language).
Untuk melihat informasi dengan kriteria tertentu dalam suatu database dengan menggunakan SQL, maka pemakai harus memahami struktur SQL, dimana setelah diolah dalam “SQL engine”, informasi pada database dapat dikeluarkan sebagai hasil query.
Untuk memudahkan pemakai mendapatkan informasi dalam suatu database, cukup menggunakan bahasa alami yang biasa digunakan sehari-hari. Agar hal ini dapat terjadi maka diperlukan suatu sub sistem lain diantara user dan sistem yang dapat mentranslasi bahasa alami ke dalam format SQL. Sub sistem yang dimaksud adalah “Translator bahasa alami ke SQL” .

“Perintah bahasa alami” yang menjadi input sub sistem “Translator bahas alami ke SQL” dalam sistem ini merupakan teks kalimat bahasa Indonesia yang baku, sedangkan “SQL” yang menjadi keluarannya berupa baris perintah dalam format SQL.
Proses aplikasi yang akan menerima keluaran sub sistem tersebut adalah proses pencarian data dengan format SQL. Proses pencarian data merupakan aplikasi SQL yang paling banyak digunakan dalam interaksi antara manusia dengan komputer, sedangkan aplikasi lainnya seperti penambahan, perubahan atau penghapusan data. biasanya hanya diijinkan untuk orang-orang tertentu.
Paper ini membahas tentang pengembangan metode pendektesian kata untuk melakukan proses translasi dari bahasa alami menjadi bahasa dalam format SQL.

Kuspriyanto, Herry Sujani, Hary Tjahjono, Shofyan Kusuma
Departemen Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung
Jalan Ganesha No. 10 Bandung
E-mail: kuspriyanto@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s