SPK Metode Entropy

Metode pembobotan entropy merupakan metode pengambilan keputusan yang memberikan sekelompok kriteria dan menaksir preferensi suatu bobot menurut Jean-Charles dan Sergio Barba (1996) adalah pengukuran j melalui fungsi tertentu sesuai kuantitas informasi yang diberikan dan penilaian bobot kriteria j dilakukan melalui pengukuran Dispersy Dj.

Langkah-langkah pembobotan metode entropy :

1. Semua pengambil keputusan harus memberikan nilai yang menunjukkan kepentingan suatu kriteria tertentu terhadap pengambilan keputusan. Tiap pengambilan keputusan boleh menilai sesuai preferensinya masing-masing. Misalnya metode penelitian adalah menggunakan angka integer ganjil antara 1 sampai 9. Tiap angka menunjukkan tingkat kepentinagn tertentu, mulai dari angka 1, yaitu sangat tidak penting, sampai angka 9 yang menunjukkan bahwa kriteria tersebut sangat penting.

2. Kurangkan tiap angka tersebut dengan nilai paling ideal, dalam contoh diatas adalah 9.

3. Bagi tiap nilai dengan jumlah total nilai dalam semua kriteria

4. menghitung nilai entropy untuk tiap kriteria

5. Menghitung dispersi tiap kriteria

6. Asumsi total bobot untuk semua kriteria dalah penjumlahan terhadap nilai dispersy untuk tiap kriteria atau dispersy akhir. dan nilai dispersy akhir yang nantinya dijadikan sebagai nilai acuan.

2 comments on “SPK Metode Entropy

  1. mas wahyudi,,, saya ingin menanyakan,,, metode entropy itu termasuk di dlm SPK yang mana?? mcdm atau madm??
    saya sedang membuat TA yang menggunakan metode entropy,, tetapi sangat susah sekali mencari referensi mengenai entropy,, saya jg sudah mencari ke banyak toko buku baik online maupun non online.
    apabila mas wahyudi memiliki referensi mengenai entropy,,, saya harap,, mas bersedia share dengan saya.
    terimakasih..

  2. mau nanya ne mas,,,saya juga menngambil metode entropy buat TA saya,,cuma ya itu,,,susah banget cari referensinya,,tlong bantuin saya mas,,,terima kasih banyak sebelumnya…

Tinggalkan Balasan

