Sistem Rekomendasi bursa elektronis telepon genggam

Telekomunikasi Indonesia berkembang dengan cepat dimana diperkirakan terdapat 30 juta nomor telepon seluler pada tahun 2006. Hal ini menjadikan konsumen mempunyai masalah dalam mendapatkan telepon genggam yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan mereka. Masalah inilah yang menciptakan adanya kebutuhan suatu sistem rekomendasi pada suatu bursa elektronis telepon genggam. Sistem rekomendasi merupakan sistem yang bertujuan memperkirakan informasi yang menarik bagi penggunanya dan juga membantu calon konsumen dalam memutuskan barang apa saja yang akan dibelinya. Sistem rekomendasi merupakan bagian penting bagi sebuah bursa elektronis dalam rangka meningkatkan efektifitas penjualan bursa elektronis tersebut.

Dalam penelitian ini, sistem rekomendasi dikembangkan pada suatu bursa elektronis telepon genggam dengan nama SRIBEPON (Sistem Rekomendasi Bursa Elektronis Telepon). Analisis dan perancangan SRIBEPON dilakukan menggunakan metode Unified Process dan diimplementasikan dalam lingkungan berbasis web menggunakan Java Servlet. Sistem rekomendasi menggunakan metode content-based filtering. Metode content-based filtering membentuk profil telepon berdasarkan kategori pembentuk spesifikasi telepon seperti merk, jaringan, kamera, memori, dll. Kategori pembentuk profil telepon diimplementasikan menjadi tabel kamus dengan isi tabel merupakan fitur-fitur telepon. Tabel-tabel kamus ini digunakan untuk membangkitkan rekomendasi menggunakan teknik Boolean query. Rekomendasi merupakan tipe telepon dan informasi penjualnya.

Hasil pengujian perangkat lunak sistem rekomendasi menunjukkan bahwa sistem mampu memberikan rekomendasi kepada anggota dan juga mampu mengirimkan notifikasi melalui email dan SMS(short message service). Anggota dapat mengirimkan iklan ke sistem melalui SMS dan juga dapat menerima rekomendasi melalui SMS.

Puspaningtyas Sanjoyo Adi, ITB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s